Host Anda adalah Fondasi Anda
Operator bisnis online cenderung lupa bahwa perusahaan yang menghosting toko mereka adalah fondasi bisnis mereka, dan bisnis yang sukses membutuhkan fondasi yang kuat dan andal. Ketika mencari host web, ingatlah bahwa menemukan perusahaan dengan harga termurah bukanlah tujuannya. Membayar biaya yang lebih tinggi untuk layanan yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan pada akhirnya adalah keputusan yang paling cerdas. Sebaliknya, perusahaan yang paling mahal sama sekali tidak akan menjadi yang terbaik juga.
Ketika meluncurkan bisnis e-commerce baru, menemukan host web terbaik untuk kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang sangat menakutkan. Ada begitu banyak host web di luar sana dan itu adalah proses yang melelahkan dan melelahkan untuk memisahkan yang baik dari yang buruk. Banyak orang yang ingin memulai sebuah situs web mulai dengan memeriksa situs-situs ulasan dan direktori web hosting. Di situs-situs ini, Anda dapat membaca apa yang dikatakan klien tentang host web mereka saat ini dan sebelumnya.
Saat mencari host, pastikan Anda tidak tertipu oleh beberapa tipu muslihat hosting yang umum. Hal-hal seperti paket "tak terbatas" mungkin terdengar menarik tetapi sebenarnya tidak ada yang namanya "tak terbatas." Ketika sebuah perusahaan mengatakan tidak terbatas, itu berarti bahwa situs Anda umumnya akan ditempatkan pada peladen yang penuh sesak di mana Anda akan dilupakan. Penting untuk meneliti sejarah perusahaan dan menemukan host yang andal yang tidak mencoba menggunakan taktik pemasaran licik untuk mendapatkan pelanggan.
Host Anda Secara Dramatis Berdampak pada Kinerja Toko Anda Ada berbagai cara utama host web Anda memengaruhi kinerja toko online Anda termasuk:
Waktu Kerja dan Waktu Henti
Dukungan Teknis
Kecepatan Situs dan Waktu Muat Halaman
Manajemen akun Anda termasuk data, email, backup
Perlindungan Virus
Pertahanan dari Peretas dan Malware
Kemampuan hosting Anda untuk tumbuh bersama bisnis Anda (Anda harus dapat meningkatkan ruang hard drive dengan satu panggilan cepat dan sederhana)
Host Anda harus membantu dengan aspek-aspek teknis dalam menerima pesanan kartu kredit, termasuk menyiapkan sistem pemrosesan pembayaran.
Host harus membantu Anda menemukan pengembang atau modul untuk membuat situs Anda berfungsi dengan baik.
Memilih host web yang andal dan rencana yang tepat untuk jumlah lalu lintas yang akan dihasilkan situs Anda adalah hal yang paling penting bagi keberhasilan bisnis online Anda. Waktu aktif dan waktu henti situs mungkin merupakan komponen paling penting tentang bagaimana web hosting memengaruhi kinerja toko online. Downtime benar-benar dapat menghancurkan bisnis online dengan cepat.
Sederhananya, ketika situs Anda down dan tidak dapat diakses maka pelanggan tidak dapat melakukan pembelian dan Anda tidak dapat menghasilkan uang. Selain itu, calon pelanggan tidak dapat membaca dengan teliti situs Anda. Mari kita hadapi itu - orang berbelanja online untuk menghemat waktu dan uang. Jika situs Anda terus menerus down maka Anda tidak akan dapat berhasil di pasar kompetitif Internet.
Standar industri untuk host web mengenai downtime adalah jaminan uptime 99,9%. Jangan pernah mendaftar untuk paket hosting yang tidak menjamin setidaknya 99,9% uptime karena ini pasti akan berdampak negatif pada kinerja toko Anda. Untuk lebih praktisnya, dengan uptime 99,9%, situs Anda seharusnya tidak akan pernah mengalami downtime total lebih dari sekitar 45 menit per bulan.
Terkadang mungkin ada situasi di mana server Anda mengalami kesalahan kritis dan situs Anda mungkin tidak online selama 99,9% dalam sebulan. Dalam kasus seperti itu, host Anda bertanggung jawab untuk mengkreditkan akun Anda dengan jumlah pro-rata yang Anda hutangkan untuk biaya bulan itu.
Dukungan Berkualitas adalah Suatu Keharusan Keandalan dan dukungan teknis yang baik berjalan beriringan. Saat memilih host baru, pastikan mereka memiliki staf dukungan yang sangat baik. Ketika Anda pertama kali menelepon mereka, gunakan insting Anda. Apakah mereka terdengar berpengetahuan luas dan mudah dipahami? Apakah mereka sopan? Ajukan pertanyaan mendetail dan pastikan Anda mendapatkan tanggapan yang terinformasi dengan baik. Anda ingin merasa nyaman karena mengetahui bahwa dalam setiap kejadian malfungsi, masalah Anda akan diselesaikan dengan cepat dan benar. Host web yang solid akan memiliki dukungan email dan telepon yang tersedia 24/7/365.
Terlihat, merasa, dan beroperasi secara profesional adalah komponen penting untuk menjalankan bisnis e-commerce. Memiliki host web sub par akan membuang profesionalisme keluar jendela dengan cepat. Sangat penting untuk membangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan Anda agar berhasil menjual secara online. Pelanggan tidak akan merasa aman membelanjakan uang mereka dengan situs yang tampaknya tidak profesional dalam hal apa pun.
Situs yang Cepat Sangat Penting Cara lain di mana host web Anda dapat memengaruhi kinerja toko Anda adalah waktu pemuatan halaman Anda. Hal ini bahkan dapat mempengaruhi peringkat Anda dalam Google dan mesin pencari lainnya karena mereka mulai menggunakan kecepatan situs sebagai faktor untuk menentukan peringkat halaman pada halaman hasil. Memiliki waktu muat yang cepat sangat penting tidak hanya demi peringkat yang baik dengan mesin pencari tetapi untuk membuat pelanggan Anda senang. Tidak ada pelanggan yang menyukai situs yang lambat dan kemungkinan besar jika situs Anda tidak berkinerja dengan baik, mereka mungkin hanya mengklik ke pesaing Anda.
Host Web yang Solid + Model Bisnis yang Baik = Pelanggan yang Bahagia + Sukses Hosting web yang tidak memuaskan dapat secara langsung berdampak pada pelanggan toko Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih host web berkualitas yang tidak akan berperan dalam fungsi toko Anda yang tidak memadai. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar lima puluh persen konsumen akan meninggalkan situs pilihan jika mereka mengalami masalah teknis. Yang diperlukan hanyalah satu pelanggan yang tidak bahagia untuk memulai proses menjatuhkan bisnis Anda. Jika pelanggan tidak senang, hasil berikut dapat terjadi:
Mereka mungkin tidak akan pernah kembali ke toko Anda sebagai pembeli lagi (ini sangat traumatis bagi bisnis Anda jika mereka adalah pelanggan tetap)
Promosi dari mulut ke mulut adalah masalah besar. Pelanggan yang tidak senang memiliki mulut yang besar dan mereka kemungkinan besar akan melampiaskan rasa frustrasi mereka dengan orang lain.
Pelanggan yang tidak puas dapat meninggalkan ulasan negatif mengenai bisnis Anda di forum, papan pesan, atau situs ulasan. Satu ulasan buruk dapat melekat pada Anda dan bisnis Anda selamanya sehingga Anda harus berusaha keras untuk menghindarinya. Jika hal itu terjadi, bersikaplah proaktif tentang hal itu dan cobalah untuk menghancurkannya sesegera mungkin. Cobalah untuk menjelaskan sisi Anda dan meminta maaf kepada pelanggan (ingat, pelanggan selalu benar). Tawarkan diskon atau uang mereka kembali untuk menenangkan mereka. Dengan jaringan sosial saat ini, berita menyebar dengan cepat. Satu tweet bisa menjadi viral dan merek serta citra Anda bisa dengan cepat tercoreng.
Dengan mengikuti saran dalam artikel ini, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjalankan bisnis e-commerce yang sukses.